Pada awal Januari lalu, ada belasan kelompok yang tidak bisa memperoleh vasinasi COVID-19, seperti orang berusia kurang dari 18 tahun dan di atas 59 tahun (lansia), orang dengan penyakit bawaan tertentu (komorbid), ibu hamil dan menyusui, serta para penyintas COVID. Selain itu, ada juga kelompok masyarakat yang dapat ditunda pelaksanaan vaksinasinya.

Namun, Surat Edaran Nomor: HK.02.02/I/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok Sasaran Lansia Komorbid dan Penyintas COVID-19 serta Sasaran Tunda yang dirilis pada 11 Februari 2020 lalu memutuskan bahwa pemberian vaksin terhadap empat kelompok boleh diberlakukan dengan kondisi tertentu. Hmm, kelompok apa sajakah itu?

Vaksinasi tahap kedua dimulai, lansia jadi salah satu sasaran penerimanya

Pada 17 Februari 2021, Pemerintah telah bersiap memulai vaksinasi tahap kedua. Tahap kedua yang direncanakan berlangsung hingga Mei 2021 ini menyasar petugas publik, seperti tenaga pendidik pedagang pasar, atlet, wartawan, pelaku sektor pariwisata, serta lansia. 

Dikutip dari CNN Indonesia, vaksinasi tahap kedua ini akan menggunakan vaksin produksi PT Bio Farma (Persero) yang berasal dari bahan baku mentah milik Sinovac. Vaksin COVID-19 ini juga telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Eits, ternyata lansia yang hendak divaksinasi juga harus memenuhi syarat tertentu, lho!

Lansia harus memenuhi minimal tiga dari lima syarat berikut untuk menjadi calon penerima vaksin COVID-19: 

  1. Tidak mengalami kesulitan menaiki 10 anak tangga
  2. Tidak sering merasa kelelahan
  3. Tidak memiliki lebih dari lima penyakit dalam daftar berikut: hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, asma, gagal jantung kongestif, nyeri sendi, nyeri dada, stroke, dan penyakit ginjal
  4. Tidak mengalami kesulitas berjalan kira-kira 100—200 meter
  5. Tidak mengalami penurunan berat badan signifikan selama setahun terakhir 

Bagaimana mekanisme pendaftaran vaksinasi tahap kedua bagi lansia?

  • Sebagai catatan, kelompok lansia yang dimaksud ialah mereka yang berusia di atas 60 tahun
  • Pemberian vaksinasi dosis kedua dilakukan setelah 28 hari
  • Untuk vaksinasi berbasis fasilitas layanann Kesehatan (fasyankes), lansia bisa mengakses laman Kemenkes, serta KCPEN covid19.go.id. Bagi lansia yang kesulitan mendaftar, bisa meminta bantuan keluarga atau pengurus RT/RW. Nantinya, lansia akan divaksinasi di puskesmas/RS terdekat
  • Vaksinasi juga bisa diadakan secara massal di instansi kementerian/Lembaga, organisasi keagamaan, dan organisasi kemasyarakatan yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan

Selain lansia, pemberian vaksin diperbolehkan untuk kelompok komorbid, penyintas COVID-19, dan ibu menyusui. Namun, vaksinasi perlu didahului dengan pemeriksaan riwayat kesehatan tambahan. Nah, bagaimana kriteria calon vaksinasi untuk kelompok-kelompok ini?

  • Kelompok komorbid yang dapat menerima vaksinasi ialah
  • penyintas kanker,
  • penderita hipertensi, kecuali jika tekanan darahnya melebihi 180/110 MmHg ketika diukur sebelum meja skrining,
  • penderita diabetes, selama belum ada komplikasi akut
  • Penyintas COVID-19 boleh menerima vaksinasi apabila telah sembuh lebih dari tiga bulan
  • Ibu menyusui 

Apakah kamu termasuk salah satu calon penerima vaksinasi?

Cek dengan tiga langkah mudah berikut:

  1. Buka laman https://pedulilindungi.id
  2. Masukkan nama lengkap dan NIK pada kolom di halaman utama 
  3. Ceklis ‘I’m not a robot’ dan tekan tombol ‘Periksa’

Apabila kamu sudah terfaftar, akan muncul ucapan ‘Selamat’ dan terdapat tanda ceklis berwarna hijau di samping NIK. Nah, untukmu yang menjadi salah satu calon penerima vaksinasi COVID-19, mulai persiapkan dirimu dengan baik, yuk! Pastikan jaga pola makan sehat, olah raga yang cukup, dan jangan begadang. Jangan lupa tetap terapkan protokol 3M di saat maupun sesudah vaksinasi, ya!

Kontributor: Caroline Aretha M.

Referensi:

Kementerian Kesehatan (2021). Vaksinasi Lansia, Begini Pengaturannya. Diakses melalui https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20210219/1637002/vaksinasi-lansia-begini-pengaturannya/ pada 20 Februari 2021. 

covid.go.id (2021). Kelompok Lansia, Komorbid, Penyintas COVID-19 dan Ibu Menyusui Bisa Divaksinasi. Diakses melalui https://covid19.go.id/masyarakat-umum/kelompok-lansia-komorbid-penyintas-covid-19-dan-ibu-menyusui-bisa-divaksinasi-ini-syaratnya pada 20 Februari 2021.

covid.go.id (2021). Syarat Lansia Agar Dapat Divaksinasi COVID-19. Diakses melalui https://covid19.go.id/masyarakat-umum/syarat-lansia-agar-dapat-divaksinasi-covid-19 pada 20 Februari 2021.

Tak Hanya Lansia, Tiga Kelompok Ini Kini Bisa Mendapat Vaksinasi COVID-19, Simak Kriterianya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *