Pada awal Februari lalu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat peritungan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah. 1 Ramadan 1442 H yang akan menjadi hari pertama puasa jatuh pada hari Selasa Wage, 13 April 2021. Di tengah pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir ini, bagaimana langkah berpuasa yang aman selama pandemi dan tetap menghindarkan diri dari infeksi virus korona? Simak 7 tips berikut!

  1. Tetap patuhi protokol kesehatan
    Selalu ingat 5M, mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilisasi, dan menjauhi kerumunan. Langkah utama untuk menghindarkan diri kita dari COVID-19 sebenarnya sangat sederhana: menjauhi risiko terpapar virus tersebut.
  1. Pastikan asupan gizimu tercukupi
    Saat sahur, kamu bisa menyantap karbohidrat yang dilengkapi dengan buah dan sayur. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin, dan mineral saat berbuka. Eits, makanan yang kamu makan juga harus diolah dengan bersih, loh! Kalau bisa, siapkan santapan sahur dan makanan berbukamu sendiri, ya!
  1. Penuhi kebutuhan hidrasimu dan minum air putih minimal 2 L per hari
    Air putih dapat membantu menjaga kekebalan tubuh serta kinerja tubuh saat berolahraga. Nah, jangan lupa untuk minum air putih dalam setiap kesempatan, seperti saat berbuka, sebelum tidur, begitu bangun tidur, dan saat sahur. Tunda dulu minum kopi atau minuman berasa dan manis lainnya. Kamu juga bisa menambah asupan cairan dengan sup atau buah dan sayuran yang kaya air, seperti mentimun dan semangka.
  1. Lakukan ibadah di rumah jika beribadah di masjid tidak memungkinkan
    Saat beribadah tarawih di masjid, jangan lupa tetap menjaga jarak untuk mencegah persebaran virus korona. Apabila kondisi di masjid dekat rumahmu kurang memungkinkan untuk menerapkan protokol Kesehatan tersebut, daripada cemas dan tidak tenang saat ibadah, kamu bisa beribadah di rumah bersama keluarga. Biasanya, di televisi juga diputar ceramah selama bulan Ramadan, bukan?
  1. Hindari mengikuti acara berbuka bersama
    Buka bersama memang menjadi momen yang mewarnai bulan puasa. Kita bisa bersilaturahmi dengan teman-teman yang sudah lama tak berjumpa. Sayangnya, berkerumun, apalagi makan bersama di mana kita harus melepas masker, merupakan hal nomor satu yang harus dihindari untuk memutus rantai persebaran COVID-19. 
    Mengingat tahun ini Pemerintah dikabarkan mengizinkan buka bersama di restoran, kalau kamu sangat ingin mengikuti acara buka bersama dan tidak takut dengan ancaman virus korona, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, ya! Jaga jarak dudukmu dan teman-teman serta selalu kenakan masker saat tidak sedang makan atau minum. Usahakan untuk tidak berbicang saat sedang menyantap hidangan. Oh iya, untuk kamu yang tinggal dengan orang-orang berisiko tinggi terhadap dampak COVID-19, sebaiknya tunda dulu acara buka bersama tahun ini.
  1. Selalu pastikan kebersihan perlengkapan ibadahmu 
    Sehabis beribadah di luar, jangan lupa untuk membersihkan mukena, sajadah, dan sarung dengan menyemprotkan desinfektan atau segera mencucinya, ya! Bila perlu, seperti masker kain, kamu sebaiknya memiliki lebih dari satu perlengkapan ibadah agar bisa bergantian memakainya.
  1. Berolahraga secara teratur
    Berolahraga dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan kekebalan serta bertindak seperti vaksin terhadap infeksi tertentu, loh! Kamu bisa melakukan olahraga ringan yang juga membantu mengurangi rasa lesu. Waktu untuk berolahraga juga harus diperhatikan. Sebaiknya, pilih jam menjelang berbuka puasa atau menunggu beberapa jamsetelah berbuka puasa sebelum berolahraga untuk menghindari lemas dan dehidrasi. 
    Nah, sudah siap menjalani puasa di tengah pandemi? Mari sama-sama tetap peduli dan melawan pandemi COVID-19. Semoga, di Ramadan selanjutnya, keadaan Indonesia semakin membaik sehingga kita bisa menjalani ibadah puasa seperti biasa, mengikuti ibadah di masjid dengan tenang, dan berbuka bersama teman-teman lama tanpa harus merasa was-was, ya!

Kontributor: CAM

Ramadan Tiba, Sudah Siap Berpuasa di Tengah Pandemi? Cek 7 Tips Berikut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *