Perlukah seseorang divaksin meskipun sudah menjadi penyintas COVID-19? Studi terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengkonfirmasi penemuan ini. Mari simak penjelasan lengkapnya!

Sebuah artikel yang dikemukakan di dalam laporan mingguan CDC menyatakan bahwa semua orang yang memenuhi syarat harus mengikuti vaksinasi COVID-19 sesegera mungkin, termasuk orang yang sebelumnya sudah terinfeksi. Penemuan ini didasari dari data 7000 orang yang dirawat di 187 rumah sakit di 9 negara bagian dengan gejala penyakit menyerupai COVID-19 pada periode Januari hingga September 2021. 

Setelah seluruh partisipan menjalankan tes COVID-19, ditemukan bahwa mereka yang belum mendapatkan vaksinasi memiliki kemungkinan 5,49 kali lebih besar untuk mendapatkan hasil tes positif dibandingkan kelompok yang telah mendapatkan vaksin dalam kurun waktu 3 – 6 bulan terakhir. 

Direktur CDC lantas menyampaikan bahwa studi ini memperkuat bukti perlindungan vaksin terhadap penyakit parah yang disebabkan oleh COVID-19. Cara terbaik untuk menghentikan penyebaran ialah dengan mengadakan program vaksinasi secara menyeluruh disertai dengan penaatan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan tidak bepergian kala merasa tidak enak badan. dr. RA Adaninggar Primadia Nariswari, spesialis penyakit dalam RS Brawijaya mengatakan bahwa antibody alami yang terbentuk dari infeksi pada penyintas COVID-19 tidak akan bertahan lama, dan memberikan estimasi delapan bulan.

Studi terbaru dari Nature juga menunjukkan potensi kombinasi kekebalan akibat infeksi dengan vaksinasi. Hasilnya cukup menggembirakan: antibodi yang terbentuk dari 2 kejadian (infeksi serta vaksinasi) mampu memberikan kekebalan terhadap virus yang bermutasi. Ahli virologi Shane Crotty dari La Jolal Institute for Immunology, California memberikan istilah “hybrid immunity” untuk kasus ini. 

Kontributor: Addina Shafiyya Ediansjah

Manfaat Vaksinasi Bagi Penyintas COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *