Di tengah berlangsungnya PPKM, masih banyak tempat kerja yang tetap mewajibkan karyawannya bekerja dari kantor atau yang kini kita kenal dengan istilah work from office (WFO). Tak jarang muncul klaster kantor akibat rendahnya kewaspadaan seseorang ketika berada di antara rekan-rekan kerja. Hmm, apa saja titik lengah penularan virus korona di kantor?

  1. Dimulai dari perjalanan menuju kantor…
    Kamu pengguna kendaraan umum? Artinya, kamu harus waspada mulai dari menginjakkan kaki keluar rumah. Gunakan kendaraan yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Saat menggunakan ojek online, misalnya, pastikan kamu menggunakan penutup kepala khusus atau bawa helm pribadi yang memiliki kaca penutup. Hindari menaiki kendaraan umum di jam-jam yang penuh. Tetap jaga jarak saat mengantre atau saat berada dalam kendaraan umum, gunakan masker dengan rapat, dan rajin-rajinlah mendesinfeksi tanganmu setelah menyentuh bagian-bagian dari kendaraan umum.
  2. Harus naik lift ke ruang kerja? Harus membuka pintu untuk keluar masuk ruangan?
    Lift dan gagang pintu menjadi titik lengah utama karena paling banyak disentuh berbagai orang. Saat ini, biasanya disediakan hand sanitizer di sekitar area lift. Selalu gunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah menekan tombo lift. Supaya lebih aman, kamu juga bisa menekan tombol lift dengan siku, kepalan tangan, atau barang yang kamu bawa. Begitu juga dengan membuka pintu. Oh iya, jangan lupa untuk menghindari menaiki lift yang penuh, ya!
  3. Perhatikan ventilasi di ruang kerjamu
    Meskipun kamu berada di ruang kerja sendirian, ketika bekerja di ruang tertutup, aerosol yang berukuran sangat kecil akan lebih lama tertahan di udara. Selain itu, aliran udara di ruang tertutup yang menggunakan pendingin dapat menyebarkan tetesan virus dari orang yang terinfeksi. Meski kamu tidak duduk berhadapan dengan orang lain atau jauh dari orang lain, jangan bosan untuk tetap mengenakan masker, ya!
  4. Hindari makan bersama
    Sst, menghindari makan bersama sudah termasuk ke dalam protokol kesehatan 6M, lo! Ya, virus korona yang menular melalui droplet tentu akan ‘memanfaatkan’ kesempatan makan bersama di mana para calon korban melepas masker mereka dan kerap asyik mengobrol satu sama lain. Untuk saat ini, kamu bisa makan masing-masing di meja kerjamu. Kalau tetap ingin makan bersama, atur jarak dengan teman-temanmu dan tunda dulu ceritamu sampai kamu mengenakan masker kembali, ya! 
  5. Seberapa penting kita harus menggunakan masker di toilet?
    Tahukah kamu, ketika kita menyiram toilet tanpa menutup tutupnya, partikel-partikel kecil dari toilet dapat terlepas ke udara hingga 1 meter jauhnya. Tetesan tersebut bisa saja mengandung kotoran dari orang yang terinfeksi COVID-19 dan dapat bertahan di udara cukup lama untuk dihirup oleh pengguna toilet berikutnya. Jangan lupa mencuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir susai menggunakan toilet, ya! 
  6. Diajak selfie atau foto grup di kantor?
    Foto bersama di zaman pandemi biasanya terdiri dari dua macam ‘gaya’. Pertama, berfoto dengan tetap mengenakan masker. Kedua, berfoto dengan melepas masker. Kalau ingin melepas masker, jangan lupa tetap perhatikan letak maskermu. Jangan sampai maskermu terkena permukaan yang kotor atau terkena orang lain, ya!
  7. Kebutuhan hidrasimu memang harus dipenuhi, tapi…
    Kantormu mungkin punya berbagai fasilitas bersama yang bisa dimanfaatkan, misalnya dispenser. Banyak orang menyentuh dispenser seperti menyentuh tombol lift. Untuk itu, jangan lupa selalu cuci tangan setelah mengisi ulang bekal air minummu, ya!

Meski saat ini tampaknya kasus terkonfirmasi positif COVID-19 kembali menurun, jangan bosan untuk terus menerapkan protokol kesehatan kapan pun keluar rumah, terutama di kantor. Kalau sakit, pekerjaan jadi tertunda dan menumpuk. Yuk, jaga kesehatan dan tetap waspada dari ancaman virus korona!

***

Kontributor: CAM

Referensi:

https://www.redonline.co.uk/health-self/self/a33946942/experts-reveal-office-covid-hotspots/ diakses pada 26 Agustus 2021https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/26/210300023/ahli-waspada-titik-lengah-penularan-covid-19-di-tempat-kerja?page=all diakses pada 26 Agustus 2021

Kebagian Jadwal WFO? Waspadai Tujuh Titik Lengah Penularan COVID-19 di Kantor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *