Saat beraktivitas di luar rumah, masker menjadi bagian dari pakaian wajib kita. Kalau kamu senang WFH atau belajar online di luar, kamu harus memakai masker selama berjam-jam, bahkan seharian. Sebenarnya, bolehkah kita mengenakan masker medis atau masker sekali pakai seharian?

Di berbagai negara, masyarakat disarankan untuk mengganti masker medis setiap empat jam

Dikutip dari The Conversation, kamu sebaiknya tidak menggunakan masker berjam-jam, maksimal empat hingga lima jam setiap harinya. Namun, orang sehat ternyata dapat mengenakan masker N95 selama 8 jam terus-menerus atau sesekali dan dapat mengenakan masker medis selama 4 jam sekali pakai. Namun, kamu yang memiliki penyakit pernafasan kronis tidak direkomendasikan untuk mengenakan masker-masker ini untuk waktu yang lama. 

Rekomendasi penggantian masker ini diduga berasal dari laporan WHO. Apa isi laporannya?

Laporan yang diterbitkan pada bulan Mei 2020 lalu didadasrkan pada sebuah studi pada tahun 2009. Studi ini menunjukkan bahwa setelah empat jam, penerimaan dan toleransi seseorang akan sebuah masker mulai berkurang. Maksudnya, seseorang cenderung akan menyentuh masker, mungkin untuk membetulkan posisinya atau merasa kurang nyaman. Hal ini tentu meningkatkan risiko kontaminasi virus.

Selain itu, saat pengguna masker banyak bicara, berbicara dengan suara keras, atau bernyanyi, masker akan mudah basahKekuatan masker untuk menahan partikel serta untuk ditembus oleh partikel pun akan berkurang. Inilah juga menjadi alasan mengapa masker tidak lagi “breathable dan kamu mungkin merasa kesulitan bernapas saat menggunakan masker.

Jadi, kapan kita harus mengganti masker?

Untuk kamu pengguna masker medis atau masker sekali pakai:

  1. Saat masker kotor, lembab, atau basah
  2. Saat masker sobek, berlubang, atau rusak
  3. Saat masker sudah kurang elastis 

Untuk kamu pengguna masker kain:

  1. Saat tali masker sudah kendur atau rusak
  2. Saat masker tidak lagi pas menutupi hidung, mulut, dan dagu sehingga menimbulkan celah
  3. Saat terdapat benang yang lepas, sobekan, atau lubang di maskermu 
  4. Saat masker terkena noda, misalnya tumpahan minuman atau “cap” makeup, dan tidak bisa hilang meski sudah dicuci
  5. Saat kain masker menipis akibat sering dicuci

Bagaimana cara mengganti masker agar masker baru tetap higienis?

Cukup lakukan limalangkah dasar berikut:

  1. Sebelum melepas masker lama maupun sebelum memasang masker baru, bersihkan tanganmu terlebih dahulu
  2. Lepaskan masker bekas pakai dengan memegang tali masker di belakang telinga atau belakang kepala, bukan bagian depan atau kain masker
  3. Jauhkan masker bekas darimu dan daripermukaan
  4. Segera buang masker bekas (apabila sekali pakai) ke tempat tertutup. Untuk masker kain, simpan di tempat khusus, misalnya kantong plastik untuk segera dicuci kemudian
  5. Kenakan masker pengganti. Pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu serta terpasang rapat

Eits, masih ada tips penggunaan masker yang kamu harus tahu, nih!

Semakin berkembangnya varian virus korona sekarang ini, kamu juga perlu meningkatkan perlindunganmu dari ancaman tersebut. Salah satunya dengan menggunakan masker ganda atau dobel masker. Bukan berarti kamu menggunakan dua lapis masker medis atau dua lapis masker kain, ya. Namun, dengan mengenakan masker medis terlebih dahulu dan ditumpuk dengan masker kain. Cara ini dapat meningkatkan pertahananmu terhadap virus korona, loh! Jangan sampai urutan penggunaannya terbalik, ya! 

Kontributor: CAM

Referensi:

Adios Corona (2020). Why is it recommended not to wear a surgical mask for more than 4 hours? Diakses melalui https://en.adioscorona.org/questions-reponses/2020-10-21-masque-pourquoi-4-heures-maximum.html pada 29 Mei 2021. 

Leiva, C. (2020). When Should You Replace Your COVID-19 Face Mask? Diakses melalui  https://www.huffpost.com/entry/when-replace-covid-face-mask_l_5fc551c9c5b6e4b1ea4ddbfb pada 29 Mei 2021. 

WHO (2020). Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: When and how to use masks. Diakses melalui https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-maskspada 29 Mei 2021. 

Bolehkah Memakai Masker Medis Seharian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *